11 Mei 2016

#PanduanJatuhCinta Blogtour novel Jatuh Cinta Awalnya Sederhana karya Anggrek Lestari + Giveaway





Judul buku: Jatuh Cinta Awalnya Sederhana

Penulis: Anggrek Lestari

Editor: Pradita Seti Rahayu

Penerbit: Elex Media

Cetakan pertama: 23 Mei 2016





“Jatuh cinta tidaklah rumit, melupakannya yang sulit.”



Tagline novel Jatuh Cinta Awalnya Sederhana karya Anggrek Lestari mengawali kebaperan dan kepenasaran saya.



Postingan ini merupakan rangkaian blogtour #PanduanJatuhCinta untuk memandu para pembaca mengetahui lebih dalam lagi tentang novel Jatuh Cinta Awalnya Sederhana yang masih (akan) rilis tanggal 23 Mei nantinya. Tentunya masih asing dong dengan novel ini. Saya beruntung sekali bisa memulai memandu perjalanan #PanduanJatuhCinta



Ayo, langsung saja kita mulai.





SINOPSIS NOVEL:



Franko: Untuk apa aku menunjukkan perasaan jika akhirnya harus ditinggalkan?

Marina: Aku hanya dijadikan pengecoh takdir oleh seorang lelaki yang ingin kembali dengan mantannya, lalu lelaki itu mengantarku pada seseorang di masa laluku juga. Haruskah aku kembali pada lelaki dari masa lalu, yang menghadirkan begitu banyak cinta baru? Bukankah menerima kembali berarti rela terlukai lagi?

Rij: Aku cinta dia tapi tak berani berkomitmen. Aku tak berani berkomitmen tapi tak mau melepasnya. Bukankah berkomitmen ketika belum siap hanya akan merusak hubungan?

Ini kisah cinta yang sederhana tapi terumitkan oleh hadirnya ketakutan. Siapakah yang pada akhirnya mampu melawan rasa takutnya dan membangun cinta yang memang tidak hanya berisi bahagia tapi juga luka? Kebencian ada karena ketakutan. Hanya cinta yang mampu menyembuhkan.

***

Jatuh Cinta Awalnya Sederhana merupakan novel kedua dari Anggrek Lestari, setelah novel Cermin (Grasindo 2014). Setiap kali membaca tulisan-tulisan Anggrek Lestari saya selalu mendapat kejujuran atas sesuatu yang kita sebut "perasaan". Saya selalu melankolis dibuatnya. Jika di novel pertama Anggrek Lestari piawai memainkan diksi yang bersanding dengan puisi-puisinya Chairil Anwar, di novel kedua ini kepiawaian itu makin terasah bagai pisau dapur kesayangan kepunyaan koki handal bintang lima.

Kalau diibaratkan menu makanan, novel ini punya paket komplit. Segala aspek kehidupan disajikan dalam seporsi penuh menu andalan ala kafe ternama. Ada kesetiaan, ada pencarian tujuan hidup, ada skeptis diri, spiritualitas, ada ketakutan akan pilihan, dan cinta dengan beragam paradigma. Kesemuanya akan kalian cicipi di tiap babnya. Yang menarik dari novel ini adalah banyak quote jleb terutama di setiap pembuka bab dan akhir adegan.


“Rij merasakan kerinduan yang paling sakit dan pahit. Karena rindu tersakit dan terpahit berasal dari perasaan merindukan seseorang yang mungkin tidak lagi mengingatmu walau hanya sedikit.”

*



“Sebab, tingkat kewaspadaan orang yang sedang berbahagia menurun drastis atau bahkan nyaris tidak ada. Untuk itu, Sierra akan melaksanakan tugasnya sebagai sahabat Marina. Sierra harus waspada dengan terus menyelidiki siapa Franko Lunar sebenarnya.”

*



Kalian juga akan temukan dialog-dialog memukau yang tanpa sadar bisa membuat kita tersenyum, tertawa, sampai mengangguk-anggukan kepala tanpa sadar. Juga pergolakan batin antartokoh. Franko, Marina, dan Rij. Background cerita dari masing-masing tokoh menjadikan novel ini semakin kaya, ditambah lagi banyak rima yang melengkapi setiap quote membuat perasaan kita susah jauhkan untuk melupakan novel ini. Berikut satu cuplikan adegan di antara banyak adegan yang sulit dilupakan dalam novel ini:

*


Nyala mata Franko tidak meredup sedetik pun saat dia melihat Flo yang sedang mempersiapkan tequila untuk layak ditenggak dengan garam dan lemon tentunya.
Inilah yang selalu dirindukan Franko dari Flo. Cara Flo minum tequila yang bagi Franko selalu terlihat sensual, tidak akan pernah terlupa dari daftar kenangan Franko. Dengan gerakan cepat, namun tetap terlihat anggun, Flo menjilat punggung tangan kirinya yang telah memegang sepotong lemon, lalu jilatan punggung tangannya itu ditaburi garam.
Aku harap aku bisa merasakan sapuan lidah lincahmu itu, Flo.
Dengan ujung matanya, Flo melirik Franko yang berada di sampingnya sambil menjilat garam yang telah tertabur di punggung tangannya. Kemudian tanpa jeda, Flo menenggak satu seloki tequila dengan kepala yang mendongak dan tanpa mengambil napas, digigitnya lemon sambil melirik lagi ke arah Franko.
Kau menggodaku.
“Kamu nggak minum?” tawar Flo yang akan menyambut seloki keduanya.
Franko menggeleng. Aku sudah cukup melihatmu minum.
“Ini tempat terbaikmu menenggak tequila, kan?”
“Kelihatannya begitu. Aku merindukan cara yang tradisional begini. Kau tahu,” kini Flo menatap Franko dalam-dalam, “di luar sana orang-orang sibuk menenggak tequila berkualitas tinggi lalu mulai melupakan garam dan irisan lemon. Aku sungguh merindukan cara ini.”
Kau tak merindukanku juga? “Karena sejatinya manusia menyukai aturan. Tanpa aturan, manusia takkan berusaha untuk bebas. Usaha pencarian kebebasan dari aturan yang menjadi seni kehidupan, yang tanpa disadari akan dirindukan manusia itu sendiri.” Dengan lancar Franko berkata filosofis, meski tanpa dia sadari dia telah mengucapkan perkataan milik Marina yang teringat di pikirannya.
“Astaga, Franko! Sejak kapan kau jadi filosofis begini,” Flo menunda tenggakannya. Dia antusias memerhatikan Franko. “Kelihatannya profesimu sekarang sekarang telah banyak mengubahmu. Eh, atau—” Flo memutar mata lalu mengalihkan pembicaraan dengan menenggak minumnya lagi.
“Atau apa?” Franko menggeser posisi duduknya mendekat pada Flo. “Atau ada hal lain yang mengubahku?” tebak Franko. “Menurutku, bukan berubah, hanya menyesuaikan dengan lingkungan.”
“Oh, begitu, ya,” kata-kata Flo diucapkan dengan tempo lambat. Wajahnya terlihat menahan tawa. “Astaga, kau menyesuaikan diri dengan lingkungan pacarmu yang penulis romantis cenderung galau itu.”
“Jangan mengejek penulis, Flo. Kau akan dikutuk menjadi cerita yang menyedihkan.”
“Cieee, kau membelanya.” Kali ini Flo benar-benar tergelak.
“Cieee adalah kata cemburu yang tersembunyi,” gantian Franko mengejek Flo.
“Aku tak cemburu.”
“Kau mungkin cemburu karena Aksan tak sebaik sikapku pada Marina. Ya, kan?” ledek Franko habis-habisan.
“Sialan, kau!” Flo melempar kulit lemon.
“Memaki tanda iri!”
“Bisakah beberapa jam ke depan tempat ini akan bersih dari nama Marina dan Aksan? Aku ke sini bukan untuk bertambah kesal.”
“Baiklah. Akan kupastikan tempat ini steril dari kedua nama itu. Oh ya, di dekat sini ada Red
Velvet yang enaknya takkan membuatmu menyesal meninggalkan kebiasaan burukmu makan tisu. Mau mencoba?”
Flo tersenyum ke arah Franko dengan tatapan terpana. Dia tidak menyangka Franko masih tahu segala rahasia tentang dirinya, termasuk juga keiriannya terhadap Marina yang bisa mendapatkan
kebaikan Franko. “Semoga sepotong Red Velvet rekomendasimu takkan membuat kebiasaan makan tisuku selama berbulan-bulan sia-sia begitu saja.”
“Tenang saja. Tunggu sebentar ya, Nona Flo.” Franko beranjak pergi dengan meninggalkan tatapan penuh perhatian dan penantian.
Perasaan Franko melayang karena bisa melayani Flo lagi. Dia tidak sadar telah dikendalikan kenangan, meski egonya merasa dia bisa mengendalikan kenangan untuk dijadikan masa depan.
Sebab, perasaan bahagia memang menciptakan tipuan.

***



Yang paling saya sukai dari buku ini, penulis sangat paham setting lokasinya. Selain saya tahu penulis memang asli anak Medan. Kami juga sering curhat-curhat bareng (abaikan yang ini XD) tapi bukan sekadar setting tempat, ragam kebudayaan dan kearifan lokal dapat kalian rasakan di setiap bab buku ini, meski tak semua cerita berlokasi di Medan, ada di Jakarta dan Bandung. Suasana kota Medan yang khas tergambar dari ragam dialek dalam dialog antar tokohnya. Beberapa dialek yang mungkin akan membuat kalian merasa lucu atau aneh. Pokoknya Medan kali Bah! Haha.


Saya sengaja tak menceritakan isi buku ini secara mendetail, takut merusak suasana kejutannya :D yang pasti, dari halaman pertama kalian akan langsung dibawa dalam pergolakan antar Franko, Marina, dan Rij, yang endingnya ternyata mengecoh pembaca termasuk saya.


Nah, untuk itulah buat kalian yang mau membeli novel ini, sekarang masih masanya preorder novel ini. Preorder masih berlangsung sampai tanggal 15 Mei 2016.





Oh ya, sebagai tanda terima kasih karena kalian sudah menyempatkan mengikuti #PanduanJatuhCinta di blog saya, akan ada giveaway menarik paket buku dari Elex Media, loh. Siapa tahu kalian beruntung mendapatkannya.



Aturan give away:

1. Follow akun penulis (@anggrek_lestari), @elexmedia dan twitter @dearikhsan

2. Share link blog postingan ini (boleh pakai shorted link) dengan sertakan hastag #PanduanJatuhCinta

3. Tweet alasan apa yang membuat kalian penasaran dengan novel Jatuh Cinta

Awalnya Sederhana dan jangan lupa pakai hastag #PanduanJatuhCinta jangan lupa komentar di blog ini

4. Ganti avatar twitter dengan cover novel "Jatuh Cinta Awalnya Sederhana" selama

GA ini berlangsung.

5. Pemenang akan diumumkan pada 13 Mei 2016 pada malam hari.



Cukup mudah, kan? Tak perlu repot-repot cuma modal gadget dan tangan yang cekatan di atas tombol.



Jangan lupa ikuti rangkaian #PanduanJatuhCinta di blog berikutnya, ya.


Selamat jatuh cinta dengan sederhana.


21 komentar:

  1. Akuh ikutan GA ini, loh yaaa... 😇
    Penasaran pakai banget sama karya Anak Medan begini, ah!

    BalasHapus
  2. Aku ikutan GA ini lohh, yaa..
    penasaran pakai banget sama karya Anak Medan begini, ah!

    BalasHapus
  3. di tweet terbatas. boleh pake pictwit gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh boleh, pengumuman pemenang sampai jam 9 malam nanti ya :)

      Hapus
  4. Aku juga ikutan.
    wish me luck ;)

    @nunaalia
    https://twitter.com/nunaalia/status/730640773947908096

    BalasHapus
  5. Kayanya Franko tipe cowok yang humoris ngegemesin gimana gitu ya kak(?) Review-nya sudah bagus tapi masih kurang kak, kurang panjang maksudnya:v oh iyaa, aku juga udah ikutan GA-nya 😁 wish me lucky!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, baca novelnya langsung lebih panjang XD

      Hapus
  6. Alasannya, ceritanya sangat menarik dan membuatku ingin membacanya sampai tuntas. Aku masih penasaran sama karakter tokoh Rij, Marina, dan Franko. Semoga, aku menang Give Away ini dan segera memiliki novel keren karya Kak Anggrek Lestari.. Amiinn.. :) #PanduanJatuhCinta

    BalasHapus
  7. Aku udah ikutan, baca reviewnya aja udah bikin aku jatuh cinta jug sedih bayangin jadi marina. Semoga dapat menuntaskan rasa pensaranku akan kisah mereka bertiga, ditambah menurut review endingnya mengecohkan.

    Bismillah, semoga aku beruntung :)
    Makasih :) :)

    BalasHapus
  8. Aku udah ikutan. Aku ingin baca karena baca reviewnya aja udah bikin aku jatuh cinta dan bikin baper ngebayangin ada diposisi marina. Penasaran akut dengan kisah mereka bertiga dan endingnya yang katanya mengecohkan. Semoga aku berkesempatan buat nuntasin rasa penasaranku ini, karena aku jamin bakalan bikin baper dan hati berdarah-darah.

    Bismillah, semoga aku beruntung :)
    Makasih :) :)

    BalasHapus
  9. Masih masuk hitungan gak ya cuitanku di'twitter?

    Halo bang ikhsan, ini kali pertama aku berkunjung diBlogmu bang. Semoga bisa jadi awal perkenalan yg menyenangkan ya.
    Sebagai pembukaan BlogTour (Giveaway) Jatuh cinta awalnya sederhana Milik kak Anggrek_Lestari, Bang ikhsan mampu menghadirkan ulasan review yang bagi aku pribadi sangat tepat. Dengan alasan mendasar -Membuka rangkaian BlogTour- Bang ikhsan membuka dan memaparkan 'Jatuh cinta awalnya Sederhana' secara wajar, tidak berlebihan. Aku sangat menikmati clue-clue kisah yang dipaparkan.

    Overall Love it deh dengan Bukunya kak Anggrek_Lestari, Semoga bisa berkesempatan mencicipi ceritanya:-D. Horass..

    BalasHapus
  10. Baru kali ini ketemu judul buku super unik #PanduanJatuhCinta lah loh jatuh cinta ada toh panduannya? bikin penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada lohh, penting itu panduannya hahhaaa

      Hapus
  11. memang jatuh cinta awalnya sederhana

    BalasHapus
  12. aku sangat penasaran 100% dgn novel ini setelah baca review diatas, mungkin kalo nggak baca reviewnya aku nggak penasaran. hahaha.. :D
    semua rasa penasaranku tentang novel ini aku tweet di twitter ku @MR_Laros dgn hestek #PanduanJatuhCinta :)
    ....
    semoga aku bisa menghapus rasa penasaranku ini setelah baca novel nya. :)

    BalasHapus

Pengikut

Label

Wikipedia

Hasil penelusuran